VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH TAHUN AJARAN 2024/2025

 



VISI, MISI, DAN TUJUAN

Visi dan misi sekolah sebagai arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan. Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan SDN  01 Josenan Kota Madiun :

 

Visi :

TERWUJUDNYA SEKOLAH DASAR YANG PESERTA DIDIKNYA UNGGUL DALAM PRESTASI, DISIPLIN, BERDASARKAN IMTAQ, IPTEK, SERTA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN SESUAI PROFIL PELAJAR PANCASILA”.

 

Misi :

1.    Menciptakan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan untuk mewujudkan insan yang unggul dan berprestasi.

2.    Membudayakan disiplin terhadap seluruh warga sekolah.

3.    Melaksanakan kegiatan ibadah dan menumbuhkan kebiasaan sopan santun.

4.    Mengintegrasikan nilai - nilai pendidikan, budi pekerti dan nilai budaya, karakter bangsa dalam setiap mata pelajaran.

5.    Melaksanakan program baca tulis Al-Quran dan Sholat berjamaah.

6.    Menerapkan tehnologi informatika sebagai sumber belajar.

7.    Membudayakan sekolah yang bersih, indah, sehat, nyaman serta peduli terhadap lingkungan hidup.

8.    Menciptakan siswa berkarakter Profil Pelajar Pancasila.

 

Tujuan SD Negeri 01 Josenan

Tujuan akhir yang diharapkan oleh SDN 01 Josenan dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan visi sekolah.  

1.      Tujuan Jangka Panjang  

a.       Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dalam hal tertib beribadah, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan), dan empati.

b.      Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

c.       Meningkatkan partisipasi semua warga sekolah (guru, komite, masyarakat, serta dinas terkait) dalam pengembangan kualitas pendidikan.

d.      Meningkatkan mutu akademik maupun non akademik.

e.       Membudayakan disiplin terhadap seluruh warga sekolah.

f.        Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME.

g.       Menguasai dasar-dasar IPTEK untuk bekal melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

h.       Mewujudkan sekolah adiwiyata Nasional

i.         Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, sehat, nyaman serta peduli terhadap lingkungan

2.         Tujuan Jangka Menengah

a.      Tercapainya prestasi sesuai minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kompetisi.

b.     Berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, Critical Thinking, Collaboration, Creativity, Communication (4C), kemampuan literasi dasar melalui kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, ekstrakurikuler, dan pembiasaan literasi yang direncanakan dan dievaluasi secara berkala.

c.     Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.

d.     Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

e.      Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya

 

 

3.         Tujuan Jangka Pendek

a.       Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia melalui pelaksanaan budaya tertib beribadah, berdoa, dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan).

b.      Tumbuhnya sikap nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya local melalui kegiatan upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu wajib nasional dan lagu daerah, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta ekstrakurikuler.

c.       Tumbuhnya sikap empati melalui kegiatan sosial

d.      Terpenuhinya kebutuhan belajar yang sesuai bagi setiap peserta didik melalui asesmen diagnostik (bagi yang membutuhkan) dan pembelajaran berdiferensiasi.

e.       Berkembangnya minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan
ekstrakurikuler.

f.        Meningkatnya kualitas pembelajaran melalui pembelajaran berbasis aktivitas, tutor sebaya, dan kerja sama dengan orang tua.

g.       Meningkatnya kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan perangkat komputer untuk mendukung pembelajaran dan asesmen.

 

Komentar